Rumah Minimalis Modern 1 Lantai

Saturday, March 5th 2016. | Rumah Minimalis

Rumah minimalis modern 1 lantai ternyata juga tidak sedikit peminatnya yang menyukai dibandingkan rumah minimalis modern 2 lantai. Walaupun sebenarnya rumah minimalis modern 1 lantai tentunya membutuhkan lahan yang lebih luas untuk memenuhi kebutuhan ruang, namun rumah minimalis modern 1 lantai juga memiliki beberapa kelebihan dari rumah minimalis 2 lantai. Diantaranya dari kebutuhan dana tentu saja rumah minimalis modern 1 lantai karena luasan yang dibangun lebih kecil daripada rumah minimalis 2 lantai, setiap ruangan lebih mudah diakses karena tidak membutuhkan penghubung lantai seperti tangga sehingga lebih mudah dijangkau, diawasi dan dikelola, kemudian juga dengan penataan ruang didalam rumah minimalis modern 1 lantai lebih mudah dan memungkinkan setiap ruangan mendapatkan pencahayaan yang baik dan sirkulasi udara yang lebih berkualitas dan maksimal.

Rumah Minimalis Modern 1 Lantai

rumah minimalis modern 1 lantai

Biasanya peminat desain rumah minimalis modern 1 lantai adalah dari kalangan pasangan muda dengan anak balita dan pasangan usia lanjut. Pertimbangan mereka memilih rumah minimalis modern 1 lantai sangat beragam seperti pasangan usia lanjut atau penghuni dengan lanjut usia, untuk akses beberapa ruang di rumah modern 2 lantai memerlukan tangga, sedangkan penggunaan tangga bisa sangat sulit, tidak nyaman dan mungkin bisa membahayakan. Misalkan penghuni usia lanjut tentu bisa saja mengalami nyeri pada lutut, persendiaan bahkan bisa menyebabkan cedera pada tulang maupun persedian. Hal ini tentu saja cukup berpotensi membahayakan bagi penghuni lanjut usia. Rumah minimalis modern 1 lantai sangat disukai oleh mereka karena penataan ruang di rumah minimalis modern 1 lain lebih memungkinkan akses tiap ruang bagi mereka lebih mudah dicapai.

Begitu juga pasangan muda yang memiliki anak balita dan anak kecil cenderung lebih menyukai rumah minimalis modern 1 lantai beberapa dengan pertimbangan penggunaan tangga untuk akses lantai lain. Karena pengawasan orang tua harus ekstra berhati-hati dan ketat untuk penggunaan tangga pada balita dan anak kecil karena potensi bahaya yang sangat besar, karena bahaya jatuh dari tangga sangat besar. Namun terkadang ada juga yang tidak memilih rumah minimalis modern 1 lantai tetapi mereka memberikan pengamanan tambahan pada bagian tangga ataupun akses dari lantai lain. Seperti memberikan pintu maupun teralis pada bagian yang bisa diakses oleh balita maupun anak kecil, sehingga meminimalisir potensi bahayanya.

Disamping bahaya akses anak balita, kecil dan lansia konsep rumah selain rumah minimalis modern 1 lantai membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengaksesnya, contoh apabila kamar tidur ada di lantai 2, saat kita akan mengambil air minum kita harus turun naik tangga dahulu. Dan dalam sehari bisa lebih dari 2 kali.

Rumah Minimalis Modern 1 Lantai

Selain tangga ada beberapa alasan lain orang lebih memilih rumah minimalis modern 1 lantai dibanding 2 lantai. Antara lain suara yang mungkin akan terdengar lintas lantai, pertimbangan cahaya dan udara. Kita akan bahas di kesempatan lain alasan kenapa ada yang memilih rumah minimalis modern 1 lantai.