Rumah Minimalis Lantai 2

Wednesday, February 3rd 2016. | Rumah Minimalis

Rumah minimalis lantai 2 sering kali menjadi solusi rumah sederhana minimalis dengan keterbatasan lahan namun kebutuhan akan ruangan baru yang bertambah. Desain rumah minimalis lantai 2 biasanya sudah dikonsepkan sejak awal oleh pemilik rumah maupun dari jasa arsitek yang dibayar oleh pemilik ataupun dari pengembang perumahan untuk proyek rumah minimalis lantai 2 tersebut. Sebelum membangun di kawasan perumahan umumnya masih dalam bentuk lahan, apabila kita menginginkan sebuah rumah minimalis lantai 2 kita dapat membicarakan hal ini pada pengembang untuk memilih model rumah minimalis lantai 2 yang dapat dibangun. Dari pengembang biasanya sudah memiliki sampel desain untuk rumah minimalis lantai 2 tersebut, namun terkadang calon pembeli bisa mengajukan desain rumah minimalis lantai 2 sendiri yang tentu saja bisa ada perubahan biaya pembangunannya.

rumah minimalis lantai 2

Rumah minimalis lantai 2 sebetulnya sangat fleksibel saat dana budget untuk pembangunan masih terbatas dan belum mencukupi dengan cara menggunakan prinsip pembangunan rumah minimalis lantai 2 dengan prinsip rumah tumbuh. Saat diawal kita sudah memilih konsep dan desain rumah minimalis lantai 2 yang diinginkan, selanjutnya kita bisa melakukan perhitungan RAB untuk pembangunan rumah minimalis tersebut. Setelah RAB tersebut telah siap kita bandingkan dengan dana yang sudah dapat kita siapkan. Dari proses itu kita dapat memutuskan proses apa yang akan kita ambil terkait pembangunan rumah minimalis lantai 2 tersebut.

Saat dana budget kita belum mencukupi kita bisa memprioritaskan proses pembangunan rumah minimalis lantai 2 pada pembangunan bangunan utama terlebih dahulu. Seperti bangunan lantai dasar terlebih dahulu, seiring dengan tersedianya budget dapat diteruskan pada proyek tahapan kedua pembangunan rumah minimalis lantai 2 tersebut. Apabila sudah kita tetapkan desainnya sejak awal konsep dan desainnya akan mempermudah saat ada proyek lanjutan, dan bangunan lanjutan akan lebih selaras dengan bangunan sebelumnya karena sudah dipersiapkan sejak awal. Bahkan saat kita sudah mempersiapkan sejak awal bangunan rumah dengan lebih dari dua lantai juga dapat dilakukan dengan prinsip rumah tumbuh seperti ini, tentu saja dengan persiapan dari ketahanan bangunan sejak awal dibawah pengawasan personal yang mempunyai pengetahuan mengenai struktur beton dan bangunan bertingkat.
Seperti contoh rumah minimalis dua lantai seperti pada gambar diatas, rumah dua lantai dengan bergaya Western US, dengan pemilihan warna orens terang dipadu dengan warna putih. Pada tiang terlihat ornamen batu dengan sentuhan clear sehingga tampak bersih walaupun dengan ornamen batu. Menambahkan sebuah taman mini didepan rumah untuk menambah sentuhan alam sehingga tampak lebih asri. Dari gambar rumah minimalis lantai 2 tersebut juga terlihat penempatan carport disamping rumah sehingga tertutup dibagian atasnya oleh bangunan lantai 2, sehingga mobil maupun alat transportasi lain terjaga dari air hujan dan sengatan matahari secara langsung.

Rumah Minimalis Lantai 2

Dari ulasan diatas kita bisa mengetahui salah satu unsur keberhasilan membangun rumah minimalis lantai 2 yang bagus adalah mempersiapkan konsep dan desainnya sejak awal. Selamat mencoba.