Rumah Kecil Sederhana

Wednesday, January 20th 2016. | Rumah Sederhana

Rumah kecil sederhana merupakan sebuah hunian yang lebih mengutamakan nilai fungsi setiap space yang terdapat pada rumah. Sehingga kesannya rumah tersebut terlihat biasa saja. Pada umumnya rumah dengan konsep rumah kecil sederhana dipilih oleh kalangan menengah ke bawah, karena biaya pembangunan rumah tidak sebesar rumah konvensional. Ukuran rumah memang terbilang lebih kecil, menyesuaikan lahan yang tersedia diperkotaan yang relatif mahal. Namun konsep rumah yang bersih dan sehat tetap menjadi perhatian utama ketika membangun rumah tersebut. Rumah yang selalu tertata rapi, dan memiliki kelembaban udara yang stabil. Disamping itu rumah juga harus memiliki sanitasi yang baik, seperti saluran pembuangan air yang lancar dan ramah lingkungan. Sehingga rumah kecil tetap memberikan kenyaman dan mewujudkan keluarga yang sehat dan bersemangat.

Rumah Kecil Sederhana 
rumah kecil sederhana

Contoh rumah di atas merupakan contoh rumah kecil sederhana. Namun dengan pemilihan warna cat yang menarik dengan konsep bukaan yang beragam, menjadikan rumah terlihat semakin menarik. Warna cat memang dapat memberi suasana tersendiri ketika mendesain rumah. Apalagi dengan memadukan unsur warna cerah pada rumah berukuran kecil. Tidak hanya menjadikannya terasa lebih lega, tetapi juga rumah akan terlihat bersih dan segar. Dipadukan dengan taman sederhana dengan bunga berwarna oranye yang serasi dengan fasad rumah kecil sederhana tersebut. Bukaan yang dipilih juga semakin memperkuat kesan yang ditonjolkan pada rumah sederhana. Maksimalnya pencahayaan dari pintu dan jendela juga akan memberikan kesan pada ruangan agar terlihat lebih lega dan nyaman untuk Anda dan keluarga. Selain itu rumah jadi akan lebih hangat karena udara segar dapat mengalir masuk ke dalam rumah kapan saja. Ditambah lagi dengan sirkulasi udara yang optimal menjadikan rumah lebih bersih dan segar. Model atap miring juga semakin memberikan kesan yang saling mendukung dan menyatu dengan tema fasad rumah kecil sederhana tersebut.

Pada umumnya rumah kecil sederhana sangat cocok untuk pasangan baru menikah yang ingin mendapatkan keleluasaan ketika menjalani keseharian mereka. Atau mereka yang memiliki keluarga kecil setidaknya 3-4 orang anggota keluarga. Sehingga keakraban dan kehangatan dapat lebih kental terasa dengan rumah tersebut. Hal yang berbeda dari rumah konvensional adalah, jika pada rumah sederhana akan Anda temui penggabungan beberapa ruangan menjadi satu. Sehingga jangan kuatir Anda tidak akan menemukan ruangan yang Anda butuhkan. Seperti pemanfaatkan ruang tamu dan ruang keluarga, atau ruang makan dan dapur yang menjadi satu. Disamping itu sebagaimana rumah sederhana juga tetap mengacu pada rumah yang sehat. Dimana hal ini dapat diukur dari sistem sanitasi pada rumah tersebut. Dalam hal ini saluran pembuangan air yang diatur agar tidak terlalu dekat dengan saluran pembuangan air. Nah, Andapun dapat memanfaatkan air hujan dengan membuatkan talang atau saluran air hujan pada atap dan dialirkan pada sebuah bak bpenampung. Nantinya dapat Anda gunakan untuk menyiram tanaman di taman sederhana di rumah Anda.

Contoh Rumah Kecil Sederhana

Dalam membuat rumah tentulah kenyamanan selalu menjadi kunci utama. Oleh karena itu dengan kondisi space yang terbatas, Anda harus dapat memanfaatkan ruangan yang ada menjadi lebih maksimal. Anda lebih mengutamakan perabotan utama agar berfungsi maksimal, baru kemudian bila masih memiliki sisa space dapat Anda tambahkan perabotan lain yang mendukung fungsi ruangan.  Jadi seperti apakah rumah kecil sederhana impian menurut Anda?